1

Banjarmasin– Ikatan Guru Indonesia (IGI) bekerja sama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) Kalsel sukses menggelar Workshop Pengembangan Kompetensi Pedagogik untuk mendukung Pembelajaran Literasi Numerasi yang Menyenangkan Bagi Guru Tingkat SD & SMP Tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 11 hingga 13 September 2024, ini berhasil menarik minat 120 guru dari berbagai sekolah di wilayah Kalimantan Selatan.


Acara dibuka secara langsung oleh Ketua Umum IGI, Danang Hidayatullah, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran literasi dan numerasi yang efektif dan menyenangkan. “Guru adalah ujung tombak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang memadai, guru dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa,” ujar Danang.

Hibatun Wafiroh, Sekjen IGI yang berperan sebagai Fasilitator saat mendampingi diskusi kelompok

Workshop yang bertempat di BGP Kalimantan Selatan ini menghadirkan narasumber kompeten, yaitu Akhmad Sururi Azis, Dewan Pembina IGI. Beliau berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai strategi-strategi inovatif dalam mengembangkan pembelajaran literasi dan numerasi. Selain itu, kegiatan ini juga dilengkapi dengan sesi fasilitasi yang dipandu oleh Hibatun Wafiroh (Sekjen IGI) dan Muhammad Arsyad (Pengurus Pusat IGI). Para peserta sangat antusias mengikuti sesi-sesi pelatihan dan diskusi kelompok yang berlangsung seru.

Hibatun Wafiroh mengatakan bahwa workshop ini berfokus pada pengembangan kompetensi pedagogik sesuai Perdirjen 2626 tahun 2023.

“Untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid diperlukan penguatan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran yang terintegrasi literasi numerasi. Itulah kenapa IGI mengambil tema ini karena sesuai dengan kebutuhan guru saat ini, ” jelas Bu Wafi.

Selama workshop, para peserta diajak untuk mempraktikkan berbagai metode pembelajaran aktif yang dapat diterapkan di kelas. Mereka juga saling berbagi pengalaman dan best practice dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Suasana kolaboratif dan penuh semangat terlihat jelas di sepanjang kegiatan.

“Saya bersyukur dapat mengikuti workshop ini. Saya mendapatkan banyak ide dan inspirasi baru untuk membuat pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami oleh siswa. Selain itu konsep-konsep dasar matematika juga dikuatkan dan diluruskan. Sangat bermanfaat,” ujar salah Bu Melly Minarti, salah satu peserta workshop dari SMPN 3 Candi Laras Utara Kabupaten Tapin.

Diharapkan dengan adanya workshop ini, para guru di Kalimantan Selatan dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengembangkan pembelajaran literasi dan numerasi yang efektif dan menyenangkan. Yang lebih penting lagi hasilnya akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di daerah ini. Semoga [Wf]

Para peserta di akhir sesi tetap semangat

Dewan Pembina IGI-Akhmad Sururi Azis, Sekjen IGI-Hibatun Wafiroh, Pengurus Pusat IGI MUhammad Arsyad dan Ahmad Kamaludin, bersama seluruh peserta workshop

Posting Komentar

 
Top